Minggu, 11 September 2011

Perencanaan Sistem Informasi Berbasis Obyek Pertemuan 1

Software Engineering

Ilmu yang mempelajari tehnik pembuatan software yang baik dengan pendekatan tehnik (Engineering ap­proach)

Definisi Software Engineering

1. Model Activity

adalah manajemen perangkat lunak yang menangani masalah domain melalui pemodelan, dengan berfokus pada satu waktu saja dan hanya mengacu pada rincian yang relevan dan mengabaikan segala sesuatu yang lain.

Alur Model Activity:

  • Model – sebuah abstraksi realitas
  • Analisis – membangun sebuah model dari domain masalah
  • Desain – membangun sebuah model dari domain solusi

Dalam metode OOP, model domain solusi adalah perluasan dari model domain masalah, sehingga struktur perangkat lunak mencerminkan masalah sebenarnya

2. Problem Solving

adalah sebuah tahapan untuk mencari solusi yang diterima dari model activity.

Solusi didapat dengan cara:

  • Melakukan Eksperimen
  • Menggunakan pola solusi yang sudah ada
  • Masukan yang diterima dari klien
  • Revisi dalam menanggapi perubahan

3. Knowledge Acquisition

Dalam pemodelan domain aplikasi dan solusi, teknisi perangkat lunak mengumpulkan data, mengaturnya menjadi informasi, dan merumuskan menjadi pengetahuan.

Data didapat dari:

  • Survey
  • Wawancara
  • Informasi dari isu yang ada

4. Rationale Driven

Teknisi perangkat lunak membuat keputusan harus sesuai dengan konteks yang dibuat dan alasan di balik keputusan ini dibuat untuk memahami implikasi dari perubahan yang diajukan.


Konsep OOP

1. Abstraksi

  • Cara paling dasar untuk mengelola kompleksitas.
  • Abstraksi juga merupakan kemampuan manusia untuk mengenali sesuatu yang komplek dengan mengabaikan
  • Konsentrasi pada yang signifika.
2. Pengkapsulan
Memisahkan aspek - aspek eksternal obyek yang dapat diakses obyek - obyek lain dari rincian implementasi obyek itu sendiri.

3. Pewarisan
Sebuah class dapat mewariskan sifat - sifatnya ke class lain atau turunannya.

4. Pengiriman pesan
Obyek - obyek dalam sistem bekerja sama dengan cara mengirimkan pesan dari satu obyek ke obyek lainnya.

5. Asosiasi
Class yang saling berhubungan dan mengirim pesan.

6. Agregation
Bentuk yang lebih kuat dari asosiasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar